Sekilas Tentang Kota Malang


TUGU BALAI KOTA MALANG


Kota malang, Sebuah kota yang terletak di provinsi jawa timur, Indonesia. Kota yang khas dengan tim sepak bolanya yaitu AREMA dan suporter fanatik mereka yang sering disebut AREMANIA ini berada di dataran tinggi yang cukup sejuk, terletak 90 km sebelah selatan kota surabaya. Kota Malang menurut saya adalah salah satu kota yang wajib kalian datangi jika kalian menyukai traveling atau keliling nusantara. Meskipun kota Malang tidak sebesar surabaya tapi kota malang tidak kalah bagus dari kota surabaya malah menurut saya kota malang lebih bagus dan lebih nyaman untuk ditinggali. Ya meskipun dalam beberapa tahun belakangan kota malang menjadi agak membosankan karena kemacetan di kota ini semakin menjadi jadi. Terutama pada saat hari sabtu atau minggi dan hari-hari libur lainnya. Karena banyak orang dari luar kota datang ke kota ini untuk berlibur mungkin untuk mengurangi kejenuhan karena kegiatan bekerja mereka yang menjenuhkan. Dan tempat yang sering didatangi mereka saat berlibur di kota malang adalah Kabupaten Batu malang. Karena di daerah Batu ini sekarang telah menjadi kota wisata yang sangat diminati orang karena banyak tempat-tempat wisata disana. Dan tujuan utama mereka berkunjugn ke kota malang ini pasti juga untuk menikmati makanan khas kota malang. Ada beberapa makanan khas di kota malang antara lain Bakso malang, Bakpao telo, keripik nangka, Dan yang paling terkenal dikota malang adalah Toko "OEN". Toko Oen yang terletak di dekat Alun-Alun Kota Malang. sejak dulu, Toko "OEN" ini

sudah dikenal dengan ice creamnya. Varian rasa es krim seperti Tutti Fruity Cassata yang terbuat dari buah-buahan, kemudian Sparkling Delight yakni es krim buah cocktail yang disajikan dengan kembang api menyala, lalu Morkus yakni es krim dengan cita rasa kopi, dan masih banyak lagi lainnya. Semua varian es  krim tersebut bisa nikmati dengan membayar sekitar +- Rp 20.000.
Menu andalan Toko Oen yang lain sepeti berbagai jenis es tradisional dan makanan pun juga ada. Aneka es tradisional yang bisa kalian pesan di Toko Oen seperti es sirop, es kolang-kaling, es dawet selasih atau es campur. Tak hanya itu, Toko Oen juga menyuguhkan varian menu makanan dari steak, cake & tart, nasi goreng, chicken salad hingga aneka kue kering khas tempoe doeloe.

Kekayaan etnis dan budaya yang dimiliki Kota Malang berpengaruh terhadap kesenian tradisional yang ada. Salah satunya yang terkenal adalah Wayang Topeng Malangan (Topeng Malang), namun kini semakin terkikis oleh kesenian modern. Gaya kesenian ini adalah wujud pertemuan tiga budaya (Jawa Tengahan, Madura, dan Tengger). Hal tersebut terjadi karena Malang memiliki tiga sub-kultur, yaitu sub-kultur budaya Jawa Tengahan yang hidup di lereng gunung Kawi, sub-kultur Madura di lereng gunung Arjuna, dan sub-kultur Tengger sisa budaya Majapahit di lereng gunung Bromo-Semeru. Etnik masyarakat Malang terkenal religius, dinamis, suka bekerja keras, lugas dan bangga dengan identitasnya sebagai Arek Malang (AREMA) serta menjunjung tinggi kebersamaan dan setia kepada malang.Dan yan paling menyedihkan pembuat atau maestro topeng malangan atau yang bisa disebut yang terakhir meninggal dunia.

Mbah Karimun (almarhum)
Beliau sudah tiada beberapa tahun silam namun sanggarnya diteruskan oleh keturunannya, Handoyo dan Saini.
Di sanggar yang terletak di Dusun Kedung Monggo, Desa Karang Pandan, Kecamatan Pakisaji, Malang ini biasanya digelar pertunjukan wayang topeng. Pertunjukan memiliki jadwal yakni biasanya digelar 36 hari sekali atau setiap Senin Manis atau Senin Legi.
Selain datang menampilkan pertunjukan Topeng Malangan, sanggar juga memberikan kursus tari kepada anak-anak. Biasanya pelatihan tari dilaksanakan setiap hari Minggu.
Kalaupun tak sempat untuk menyaksikan gelaran, turis yang datang ke sanggar juga bisa membeli cenderamata topeng. Topeng memang dibuat sendiri oleh sanggar. Termasuk topeng-topeng yang digunakan dalam pertunjukan.
Beberapa cenderamata topeng mulai dari berbentuk gantungan kunci maupun yang dijadikan hiasan. Ukurannya pun bervariasi dari topeng berukuran mini sampai berukuran besar. Ukiran topeng yang ada disesuaikan dengan karakter yang dibawakan selagi pertunjukan.
Di tengah ingar bingar masyarakat modern, keberadaan Topeng Malang semakin terpinggirkan. Agar tak semakin hilang, tak ada salahnya menyaksikan pertunjukan topeng atau mengunjungi sanggar. Ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh turis untuk menjaga dan melestarikan Topeng Malang.









Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Sekilas Tentang Kota Malang ini dipublish oleh Unknown pada hari Rabu, 24 September 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Sekilas Tentang Kota Malang
 

0 komentar:

Posting Komentar